LAZ ABA Hadirkan Pakar Psikolog Pada Acara Seminar Parenting

PRINGSEWU – Lembaga Amil Zakat Abdurrahman Bin Auf (LAZ ABA) menghadirkan pakar psikolog dalam acara seminar parenting. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan keilmuan dan wawasan para wali santri dan tenaga pengajar di Rumah Tahfidz Abdurrahman Bin Auf (RT ABA) Lampung.

Acara tersebut diadakan di RT ABA Lampung di jalan balai Pekon (Desa) Klaten Kecamatan Gadingrejo pada hari Sabtu (2 Maret 2019). Adapun tema dalam acara tersebut adalah ‘Mengoptimalkan Masa Keemasan Anak’. Bertindak sebagi pemateri adalah Bunda Yirawati Sumedi C. NNLP, pakar psikolog dan pemateri Nasional dari Surabaya, Jawa Timur.

Acara dimulai pukul 09.00 WIB dengan pembacaan ayat suci Al – Qur’an oleh Ustadz Abdurrahman Al – Hafizh. Kemudian sambutan oleh pimpinan LAZ ABA KPP Lampung Ir. Suprihadi sekaligus membuka acara tersebut. Menurutnya, mempelajari parenting dalam Islam merupakan bagian dari menjaga keluarga dari api neraka. Sebagaimana firman Alloh Subhanahu Wa Ta’ala dalam Al Qur’an surat At – Tahrim ayat 6 yang artinya :

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan”. (QS. At-Tahrim : 6)

Kemudian dilanjutkan dengan acara inti penyampaian materi parenting oleh Bunda Yirawati Sumedi C. NNLP. Dintara banyak hal yang disampaikan adalah bagaimana kita ingin anak yang sholeh tetapi tidak mensolehkan diri sendiri. Dirinya juga menyampaikan contoh akhlak yang baik kepada anak.

“Jangan berkata kotor ke anak apalagi sampai mengutuknya, jangan mudah emosi. Bila orang tua punya salah ke anak jangan malu ataupun gengsi untuk meminta maaf ke anak. Pola pendidikan anak dalam Islam adalah Al – Qur’an, hadits dan siroh Nabi (tentang Nabi, keluarganya, dan para sahabatnya),” paparnya.

Bunda Yirawati Sumedi C. NNLP juga menyebutkan kalau kita ingin belajar parenting belajarlah dari Rosululloh Shollallohu Alaihi Wassalam. Setelah itu acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan dilanjutkan kembali pukul 13.00 WIB sampai dengan memasuki sholat Ashar.

Sementara itu, Ketua LAZ ABA Pokja Pringsewu Ustadz Latif Al Imami berharap acara parenting yang di ikuti oleh 85 orang wali santri dan tenaga pengajar ini dapat menjadi tambahan ilmu agar pendidikan di Rumah Tahfidz ABA Lampung kedepan semakin lebih baik. “Acara seperti ini In shaa Alloh kita akan adakan lagi pada beberapa bulan mendatang. Mengingat pentingnya acara ini untuk para wali santri dan tenaga pengajar,” pungkasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *