Perwakilan Lampung

LAZ ABA Peduli Guru Ngaji Dalam Program APGN-IMTM

0 84

PRINGSEWU – Lembaga Amil Zakat Abdurrahman Bin Auf (LAZ ABA) memiliki kepedulian kepada para guru ngaji, imam dan takmir masjid. Hal tersebut dibuktikan dengan digulirkannya program Peduli Guru Ngaji, Imam Masjid dan Takmir Masjid (APGN – IMTM).

Sebagai implementasi program tersebut, tim LAZ ABA yang terdiri atas Ustadz Abdurrahman Al – Hafizh dan bapak Ponirin mengunjungi mbah Hasbullah di pekon (desa) Kediri Kecamatan Gadingrejo, Rabu (13 Februari 2019).

Keseharian mbah Hasbullah adalah sebagi guru ngaji dirumahnya dengan santri sebanyak 30 orang. Dalam percakapan tim LAZ ABA dengan mbah Hasbullah diketahui ternyata beliau hidup seorang diri karena istrinya sudah meninggal dunia.

“Disamping guru ngaji, ternyata beliau juga imam di Musholla Babussalam yang terletak di dekat balai pekon (desa) Kediri. Untuk itu kami memberikan tikar, alat tulis, Al Qur’an, majalah ABA dan uang tunai,” ujar Ustadz Abdurrahman Al – Hafizh.

Selesai berkunjung di rumah mbah Hasbullah, tim kemudian mendatangi rumah bapak Kasno yang tinggal di Rt 02 pekon (desa) Tulungagung Kecamatan Gadingrejo. Beliau merupakan takmir dan imam Musholla At – Tawwab yang berada tidak jauh dari rumahnya. Tim kemudian memberikan Al Qur’an, buku Islami, majalah ABA dan uang tunai.

Selanjutnya, tim berkunjung ke rumah ibu Imam di dusun Wonokriyo Pekon Wonodadi Kecamatan Gadingrejo. Dalam kesehariannya ibu Imam berprofesi sebagai guru ngaji di Masjid Mujahidin Wonokriyo. Tim kemudian memberikan hal serupa sebagaimana mbah Hasbullah dan bapak Kasno.

Sementara itu, Ketua LAZ ABA Pokja Pringsewu Ustadz Latif Al Imami berharap apa yang diberikan kepada para guru ngaji, takmir dan imam masjid dapat bermanfaat. “Meskipun apa yang kami berikan tidak seberapa, mudah-mudahan bermanfaat,” katanya.

Dia berharap program APGN – IMTM ABA dapat memberikan kesadaran kepada masyarakat begitu pentingnya seorang ngaji. Dimana guru ngaji termasuk orang yang disebutkan Nabi Muhammad SAW sebagai sebaik-baik manusia. “Sebaik-baik kalian adalah yang belajar Al – Qur’an dan mengajarkannya. (HR.Muttafaqun ‘Alaihi).

Disamping itu, Ustadz Latif Al Imami berpesan kepada tim ABA yang berkunjung agar menginggatkan takmir dan imam masjid yang ditemui untuk selalu mengajak jama’ah dalam memakmurkan masjid. Sesungguhnya orang – orang yang memakmurkan masjid Alloh adalah yang beriman kepada Alloh Subhanahu Wa Ta’ala, sebagaimana firman – Nya dalam Al – Qur’an.

“Hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang – orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah. Maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS. At-Taubah [9] : 18).(*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.