Perwakilan Lampung

BM ABA Pringsewu Santuni Penderita Talasemia, Stroke dan DBD

0 82

PRINGSEWU – Kondisi Zakariya Romadhoni sungguh memprihatinkan, anak dari pasangan bapak Selamet dan ibu Yanti ini menderita penyakit talasemia (kelainan sel darah merah). Akibatnya Zakariya Romadhoni yang kini berusia 6 tahun ini harus rutin transfusi darah dari umur 2 tahun.

Setiap bulan ibu Yanti harus membawa anaknya ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pringsewu. Untuk biaya pengobatan memang sudah menggunakan BPJS namun biaya biaya lain harus dicari sendiri. Seperti biaya transportasi, biaya makan, biaya kalau kantong darah tidak tersedia di rumah sakit.

Ibu Yanti mengaku saat transfusi darah harus rawat inap 3 sampai dengan 5 hari dan itu semua memerlukan biaya kurang lebih Rp. 500.000 untuk sekali pengobatan perbulanya. “Bagi kami dana tersebut sangat besar, mengingat profesi kami yang hanya petani penggarap,” ujar, Warga Gisting Bawah Blok 33 Kalitebu Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung.

Akibat minimnya biaya, Zakariya Romadhoni harusnya menjalani transfusi darah pada 6 Januari 2019. Namun karena terkendala dana harus mundur sampai hari ini belum bisa menjalani pengobatan tersebut. Selain itu, ibu Ngatiyem (82 thn) ibu dari ibu Yanti juga menderita penyakit stroke.

Ditambah lagi anak anak ibu Yanti yang masih duduk dibangku sekolah membutuhkan biaya pendidikan. Ibu Yanti memiliki 4 anak putra dan putri termasuk Zakariya Romadhoni. Anak yang paling kecil duduk masih sekolah di PAUD dan yang paling besar di sekolah SMK Muhammadiyah Gisting.

Untuk itu, Lembaga Amil Zakat Baitul Maal Abdurrahman Bin Auf (LAZ BM ABA) Pokja Kabupaten Pringsewu menyalurkan bantuan untuk meringankan beban hidup keluarga bapak Selamet dan Ibu Yanti termasuk ibu Ngatiyem pada hari Selasa, 22 Januari 2019.

Di tempat lain, BM ABA Pokja Pringsewu juga memberikan bantuan untuk Yeni Afriana(41 thn) janda dengan 3 orang anak yang menderita DBD dan sedang dirawat di Puskesmas Wates Kecamatan Gadingrejo. Bantuan diserahkan oleh bapak Suparimin salah seorang tim BM ABA Pringsewu.

Ketua BM ABA Pokja Pringsewu Latif Al Imami berharap apa yang diberikan oleh pihaknya mampu meringankan beban mereka semua. “Hanya ini yang bisa kami berikan untuk keluarga bapak Selamet dan dan Ibu Yeni Afriana mudah – mudahan bisa bermanfaat,” pungkasnya.(*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.