Perwakilan Lampung

LAZ BM ABA Lampung Gelar Mukerda VIII dengan Sukses dan Lancar

0 163

KALIANDA — Lembaga Amil Zakat Baitul Maal Abdurrahman Bin Auf (LAZ BM ABA) Lampung baru-baru ini menggelar Musyawarah Kerja Daerah (Mukerda) yang ke-8 selama tiga hari pada Jumat — Minggu, 11 — 13 Januari 2019 di Masjid Ummu Sholih Komplek Yayasan Al Hanif Kalianda Lampung Selatan.

Perhelatan besar yang diikuti 60 orang peserta ini mengusung tema “Membangun Kepedulian dan Kinerja LAZ BM ABA Lampung Menuju Goal Setting 2019”. Mukerda ini lebih istimewa karena dihadiri oleh banyak peserta, utusan dari masing-masing pokja. Selain itu, ada tujuan khusus yang direncanakan dari mukerda VIII kali ini.

Dalam sambutannya, Ir. Suprihadi selaku Direktur LAZ BM ABA Lampung mengungkapkan Mukerda VIII kali ini agak berbeda dengan mukerda sebelumnya dan sangat istimewa dengan beberapa tujuan. “Mukerda VIII memang sangat istimewa karena ada tujuan lain yang diinginkan, tidak hanya bermusyawarah untuk melaporkan, mengevalusi kegiatan selama setahun, tetapi juga membangun kepedulian dan solidaritas terhadap korban bencana Tsunami Selat Sunda di Lampung Selatan”, ujarnya kepada tim media.

“Oleh karena itu, masih menurut Suprihadi, di hari ke-3 kami akan melaksanakan bakti sosial (Baksos) dan pemberian santunan kepada warga yang terdampak tsunami, yaitu di Desa Banding Kecamatan Rajabasa Lampung Selatan”, pungkasnya.

Mukerda dimulai pada Jumat malam (11/01) pukul 20.00 WIB dengan Opening Ceremony oleh panitia, disusul sambutan-sambutan, dan pemaparan materi. Direktur LAZ BM ABA Lampung, Ir. Suprihadi, membuka Mukerda VIII secara resmi pada pukul 20.15 WIB.

Acara selanjutnya diisi dengan materi I oleh Ust. Muhammad Lutfi, M.Sy., selaku Mudir Pondok Pesantren Islam Baabul Hikmah Kalianda. Beliau mengupas tentang problematika organisasi. Tujuannya untuk mengingatkan karyawan/fundriser LAZ BM ABA agar lebih meningkatkan kinerja dan kompetensinya sehingga bisa mencapai hasil penghimpunan yang maksimal.

 

Hari kedua (Sabtu, 12/01) setelah salat Subuh peserta mukerda bertilawah Alqur’an dan zikir pagi. Kemudian, acara olahraga di pantai yang tidak jauh lokasinya dan berlangsung hingga pukul 07.30 WIB.

Selanjutnya, pukul 08.30 agenda mukerda diisi dengan laporan progres Goal Setting 2018. Dilanjutkan dengan analisis problem dan kendala yang terjadi di lapangan, kemudian penetapan goal setting 2019 yang disepakati oleh semua peserta. Setelah bermusyawarah, dihasilkan keputusan bahwa Goal Setting tahun 2019 LAZ BM ABA Lampung adalah sebesar 15 miliar.

Setelah ishoma, pukul 13.00 WIB dilanjutkan dengan agenda Laporan Kegiatan dan Evaluasi Program dari masing-masing pokja hingga pukul 20.30. Acara penyampaian laporan ini dipimpin oleh Bapak Ariyanto selaku moderator.

Usai pelaporan kegiatan masing-masing pokja, acara disambung dengan pembentukan pengurus Rescue LAZ BM ABA Lampung. Sebagai Ketua Rescue, telah dipilih Ust. Sulthon dari Metro yang sudah berpengalaman di lapangan menangani bencana, seperti di Palu dan Lampung Selatan. Beliau diamanahi oleh Ketua LAZ BM ABA Lampung untuk memimpin Rescue LAZ BM ABA.

Adapun sebagai sekretaris, dipilihlah Bapak Nofri Yowan, yang kemarin bertugas sebagai Korlap Bencana Tsunami di Lampung Selatan. Sebagai bendahara diamanahkan kepada Saudara Afan Ramadhan, staf dari Pokja Lampung Utara.

Hari ketiga (Minggu, 13/01) agenda Mukerda diawali dengan tausiyah usai salat Subuh oleh Ust. Sulthon. Dalam tausiyahnya, Ust. Sulthon mengingatkan bahwa karyawan atau fundriser LAZ BM ABA merupakan pekerja/profesi yang sangat mulia karena mengajak orang-orang kepada kebaikan yaitu bersedekah dan berzakat. Makanya, harus selalu diluruskan niatnya hanya untuk menggapai ridha Allah Swt.

Minggu pagi (13/01), pukul 07.30 sebelum penutupan, Mukerda VIII diisi dengan acara problem solving yang didampingi Ustadz Abdun Nafi, S.Pd.I. selaku Dewan Syari’ah Pusat. Dilanjutkan dengan pemberian reward kepada pokja-pokja yang berprestasi dengan rincian kategori sebagai berikut :

1. Program Penanganan Terdepan Bencana Alam diraih oleh Pokja Lampung Selatan.


2. Penghimpunan Terbesar di Tahun 2018 diraih oleh Pokja Pringsewu.


3. Penghimpunan Terbaik Setoran Kuota ke Pusat disabet oleh Pokja Pringsewu.


4. Pencapaian Terbaik Target Penghimpunan Tahun 2018 sebesar 104 % disabet oleh Pokja Lampung Selatan.


5. Fundriser Penghimpunan Terbesar Periode Triwulan Akhir 2018 dengan total Rp 58.805.450 diraih oleh Bapak Ahmad Dayan dari Pokja Bandar Lampung.

Selanjutnya, diadakan sesi foto bersama antara peserta mukerda dengan panitia dan jajaran pengurus LAZ BM ABA Lampung. Semua tampak bergembira dan puas karena acara mukerda ditutup lebih awal. Pukul 08.00 WIB, Ir. Suprihadi secara resmi menutup Mukerda VIII dengan ucapan hamdallah dan ketukan meja tiga kali.

Setelah packing dan berberes, pukul 08.30 seluruh peserta mukerda hendak mengikuti acara Bakti Sosial di Desa Banding Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan. Rombongan bergerak menuju lokasi kegiatan dengan menggunakan armada sebanyak 13 mobil yang mengangkut personel rescue dan peserta mukerda serta bantuan logistik untuk para korban tsunami di Desa Banding.

Acara Bakti Sosial Peduli Tsunami Selat Sunda dipusatkan di Masjid Nurul Mutaqin Desa Banding. Diiringi program trauma healing berupa tausiyah yang diisi oleh Ust. Kafi Hamdan, S.Pd.I, kemudian diadakan pemberian santunan berupa sembako dan alat-alat masak kepada 81 orang mustahik yang merupakan korban tsunami.

Alhamdulillah, semua acara mukerda dapat berlangsung sukses dan lancar berkat pertolongan Allah. Tentunya juga berkat kerja sama segenap panitia dan seluruh peserta yang mengikuti acara demi acara dengan tertib. (*dw)

Tim Liputan :
Reporter : Dwi R. Susilo
Fotografer : Ali Nurdin

Leave A Reply

Your email address will not be published.